[Pengumuman Kuis] Shot in The Dark + Behind Story

[Pengumuman Kuis] Shot in The Dark + Behind Story

Cast: SF9 Juho – OC Ahn Minji | Seventeen Wonwoo – OC Park Hana | BTS Jimin – OC Park Mina | GOT7 Jinyoung – OC Kim Yena | BTS Jin – OC Lee Nayoung | SJ Siwon – OC Han Sunkyo | Seo Kangjoon – OC Park Jihyun | EXO Lay – OC Kim Yura | BTS V – OC Lauren Kim (Ren)

Genre: Slice of life – Romance – Angst – Dark – Songfic | Rated: PG15 – Mature

Ficlet Collection: Click here

vlcsnap-2016-11-02-10h13m48s168

Hallo, Amy Park di sini bukan membawa Fanfic, melainkan membawa hasil kuis yang ada di postingan Ficlet Collection: Shot in The Dark. Oke, sebelumnya aku mau berterima kasih sama yang sudah membaca, komen, dan berpartisipasi ikut kuis kecil-kecilan yang aku adakan beberapa waktu lalu. Sebelum masuk ke pengumuman pemenang, aku akan menceritakan terlebih dulu sedikit draft—asal muasal kenapa ada ficlet collection—sama filosofi judul yang aku ambil. Buat sekadar sharing sama biar kalian paham alasan kenapa aku memilih ‘sang pemenang’ kuis kwkwkw. Langsung aja yaah.

Berawal dari pikiran isengku yang menanggapi pemberitaan tentang pembunuhan atau tindakan kriminal lain yang semakin hari semakin gila. Motif pembunuhannya makin keji, tapi alasan membunuhnya makin sepele. Oke, dari sanalah aku iseng, kenapa gak bikin kisah yang menggambarkan fenomena tersebut? Kenapa gak coba bikin kisah tentang apa yang kira-kira melatarbelakangi manusia bisa berbuat ‘keji’ seperti itu? Lalu munculah tiga buah ide fanfiction di dalam pikiran yang judulnya ‘Between Truth and Lie’, ‘Behind The Darkness’, sama ‘Judas’. Niat bikin tiga FF yang berdasarkan pikiran iseng itu udah sejak lama (pas zaman aku masih magang di tabloid ibu dan anak kwkwkw entah Juli tau September pokoknya sekitar bulan itu)

Dan yess… itu hanya sebatas ide. Ketiga FF itu Cuma berakhir jadi draft. Merasa gak bisa melanjutkan, aku pun berniat untuk memecah konflik yang ada di dalam tiga FF itu menjadi beberapa Ficlet. Dan taraaa… jadilah Ficlet Collection Shot in The Dark (satu-satunya FF yang alurnya aku bongkar-pasang terus karena bikin gak pede kwkwkwkw)

Naahhh karena Ficlet Collection itu adalah hasil ‘pemecahan’ konflik dari tiga buah FF, maka satu ficlet dan ficlet lainnya tentu memiliki konflik yang berhubungan dong (itulah yang aku jadikan kuis kwkwkw) Tapi… gak semua Ficlet saling berhubungan. Ada satu Ficlet yang konfliknya pure berdiri sendiri tanpa memiliki keterkaitan dengan ficlet lain, ficlet tersebut adalah “Distance” (Wonwoo & OC Park Hana). Ide FF Distance aku ambil dari ficlet lama yang lumutan di komputer, entah aku bikin pas zaman kapan itu pokoknya itu ff lama. So… mana aja Ficlet yang saling berhubungan, mari lihat draft selengkapnya:

Judul besar FF: ‘Between Truth and Lie’

Ficlet yang berhubungan: Melted – Living in Memories

Menceritakan kisah tentang kehidupan para konglomerat di Korea Selatan yang ternyata hidupnya tidak seindah yang dipikirkan orang-orang. Park Jinyoung, seorang pria demarwan, baik hati, dan dikenal taat pada orang tuanya ternyata mencintai Yena—seorang anak dari tukang kebun di Blue House. Hal tersebut diketahui ibunya Jinyoung (Presiden Korea Selatan) dan hubungan mereka pun ditentang. Sayangnya, Jinyoung yang berbakti menjadi pembangkang demi bisa terus bersama Yena. Pada akhirnya, sang ibu pun melayangkan aksi busuknya, ia menyuruh orang untuk menculik dan menyiksa Yena hingga perempuan itu sekarat. Tidak ingin dipandang buruk oleh Jinyoung, sang ibu menggunakan Juho (anak tirinya) sebagai tameng, dia menuduh Juho yang telah melakukan hal tersebut pada Yena sehingga Juho terpaksa harus dihukum dengan cara diasingkan. Sadar bahwa dirinya tidak bisa bersama Yena, Jinyoung pun akhirnya kembali nurut kepada orangtuanya dan mengikuti segala keinginan sang orangtua, termasuk menikah dengan Minji (putri dari salah satu pengusaha terkaya dan investor terbesar sang ibu saat masa kampanye)

Judul besar FF: Behind The Darkness

Ficlet yang Berhubungan: Dignity – Tomorrow – Starlight

Kim Seokjin, dia merupakan CEO sekaligus owner dari agensi musik termuda di Korea Selatan. Agensinya, KS Entertainment melejit sukses dengan menciptakan grup dan penyanyi yang mampu menyetak rekor dunia dan mendapat perhatian international—yaitu girlgrup Flow Girls dan penyanyi solo lelaki Jimin Park. Seokjin merupakan orang yang kelewat baik, saking baiknya, empat anggota Flow Girls melayangkan tuduhan kontrak budak kepada Seokjin dan permasalahan tersebut sampai di jalur hukum. Namun, itu malah semakin menyudutkan Seokjin karena ayah dari salah satu member yang menuntut merupakan seorang jaksa agung yang menangani setiap persidangan itu. Tentu saja, tuduhan kontrak budak ini sudah direncanakan  secara matang oleh empat member flow girls agar mereka bisa memeras Seokjin. Flow Girls pun dinyatakan terancam bubar karena tuntutat empat member, sedangkan satu member sisanya (Sunkyo, adik tiri Seokjin) terpaksa rehat dari dunia hiburan karena permasalahan grup-nya. Keadaan pun semakin kacau ketika satu-satunya harapan KS ent, Jimin Park, juga ikut berbuat ulah. Dia kepergok memiliki seorang kekasih oleh salah satu situs gosip terkenal di Korea Selatan.

Hal itu membuat Seokjin semakin murka dan memaksa Jimin untuk menghentikan hubungannya dengan sang kekasih—Mina. Tidak terima hidupnya diatur, Jimin pun memberontak dengan cara sengaja tidak datang saat jadwal pemotretan iklan dan parahnya dia tidak datang di konser tunggalnya sendiri, hal itu membuat konser dibatalkan dan KS ent menerima kerugian parah ditambah para pengiklan dan investor yang memutuskan hubungan kerja akibat ulah kekanakan Jimin.

Semua itu membuat Jin frustasi dan memilih untuk bunuh diri, meninggalkan sang istri (Nayoung) yang tengah mengandung anaknya. Melihat kehidupan sang kakak yang kacau, juga membuat Sunkyo kacau—walaupun Seokjin hanya kakak tiri, tapi Sunkyo sudah menganggap Seokjin kakak kandung yang paling ia sayang. Bahkan Sunkyo mengalami kecelakaan mobil ketika ia hendak menuju rumah sakit tempat Seokjin dilarikan, dan untung saja seseorang (Siwon) terlebih dulu menyelamatkan Sunkyo sebelum wanita itu kehilangan nyawa.

Dan setelah kejadian itu, Sunkyo memilih membenahi semua yang telah dibangun Seokjin, membuat KS Ent kembali berjaya dan berharap kakaknya yang kini tengah koma bisa sadarkan diri lagi. Yep, Tuhan masih memberikan harapan hidup pada Seokjin, walau kemungkinannya hanya sedikit. (Spoiler dikitlah ya kwkwkw)

Judul besar FF: Judas

Ficlet yang Berhubungan: Broken Alley – Edge of Love – Deadly Sin

Sebenernya ini kisah yang alurnya masih blur. Tapi intinya, kisah ini menceritakan Jihyun sang mafia bisnis yang telah ditipu oleh rekan bisnisnya, Lay, sehingga perusahaannya bangkrut dan seluruh hartanya ludes. Tidak terima, Jihyun berniat membalaskan dendam dengan cara membunuh Lay dan mengambil hartanya (plus harta lelaki itu) kembali. Namun, hal yang sama juga dilakukan Lay, sebagai bentuk perlindungan diri, Lay juga memerintahkan semua anak buahnya untuk mencari dan membunuh Jihyun sehingga Jihyun terpaksa harus bersembunyi. Sadar tidak bisa membunuh Lay secara langsung, ia pun menggunakan Yura—teman kecil sekaligus teman ‘bermain’ Lay. Yura memiliki perasaan cinta pada Lay, tapi lelaki itu malah menikahi wanita lain untuk keperluan bisnis (Abigail Kim). Daripada wanita lain yang memiliki Lay, Yura memilih untuk mengikuti perintah Jihyun untuk membunuh Lay. ‘Jika dirinya tidak bisa memiliki Lay, maka sebaiknya tidak ada seorang pun yg bisa memiliki dia’, itu prinsip Yura.

Tak tanggung, Jihyun juga berniat membunuh Abigail Kim setelah membunuh Lay akibat keserakahannya. Bahkan dia sudah lebih dulu menculik adik Abigail Kim (Lauren Kim/Ren) sebagai senjata untuk mengancam Abigail, tapi Ren berhasil kabur oleh bantuan Taehyung (orang kepercayaan kakak Ren yang juga menyimpan rasa cinta pada Ren). Tentu saja, siapapun yang membaca ini akan berpikir bahwa Jihyun memiliki hati yang keji, tapi ada satu orang yang berpikir bahwa Jihyun sebenarnya tidak seperti itu. Jihyun hanya butuh kepercayaan dan kasih sayang dari orang-orang sekitarnya, ia sama sekali tidak jahat dan memiliki hati yang baik jika lingkungan di sekitarnya tidak mengkhinati dirinya. Dan seseorang yang masih percaya bahwa Jihyun masih memiliki hati nurani adalah Seo Kangjoon—teman masa kecil Jihyun di panti asuhan.

Sooo jawaban Kuis Nomor 1 adalah:

FF yang berhubungan

  1. Melted – Living in Memories
  2. Dignity – Tomorrow – Starlight
  3. Broken Alley – Edge of Love – Deadly Sin

 

Jawaban kuis nomor dua

Filosofi Judul “Shot in The Dark” oleh Amy Park

Shot in The Dark = Menembak dalam keadaan gelap, bisa juga mengandung arti sebuah usaha dalam melakukan suatu hal yang tingkat keberhasilannya kecil. Sebenarnya dalam semua cerita ficlet ini, masing-masing karakter tengah mencari kebahagiaan hidup. Tapi proses mencari kebahagiaan hidup itu bagaikan menembak di dalam kegelapan, kemungkinan berhasilnya sangat kecil, karena dalam kehidupan mereka juga ada banyak masalah yang harus dilalui dan banyak pula hal yang harus dikorbankan untuk meraih kebahagiaan tersebut.

Maka sebenarnya, kebahagiaan yang mereka cari juga sifatnya masih abstrak. Mereka (para karakter) pun tidak tahu kebahagiaan seperti apa yang mereka cari—sama halnya dengan menembak di dalam kegelapan, mereka tidak tahu siapa dan dimana letak sasaran yang akan mereka tembak. Di kisah ini mereka mencari kebahagiaan semu, kebahagiaan yang sebenarnya enggak ada. Sampai pada akhirnya usaha mereka dalam mencari kebagiaan pun sia-sia. Karena kebahagiaan sejati itu sebenarnya bukan untuk dicari, tapi untuk dipahami. Dan tokoh yang ada dalam ficlet ini kebanyakan tidak memahami sebenarnya apa kebahagiaan sejatinya, sehingga pada akhirnya hanya kegelapan dan kesedihan yang menyelimuti mereka. Begitulah kira-kira filosofi kenapa aku ambil judul Shot in The Dark.

bts-gif-jin-suga-favim-com-4030689

Oke, daripada berlama-lama, maka aku akan langsung umumkan pemenangnya. Dan pemenangnya adalah… jeng jeng jeng jeng Bluebelssberry alias Ayun!! Why? Karena yep, jawabanmu dari FF yang berhubungan benar—disamping kesalahan kamu mengetik FF Distance jadi Destiny kwkwkwkw. Dan disamping tebakan kamu benar, hipotesis kamu juga mendekati garis besar ff yang aku bikin. Dan filosofimu juga mendekati filosofiku, karena memang sebenarnya dalam FF ini aku lebih fokus pada bagaimana orang-orang melewati masa-masa sulitnya untuk menemukan kebahagiaan mereka yang hakiki #eaaa. Jadi… Selamat Ayun, Starlight akan aku buat oneshoot (untuk para cast di Dignity dan Tomorrow juga akan aku sedikit ceritakan di Oneshoot Ayun karena kisah kalian berhubungan dan yang dijadikan oneshoot adalah cerita besar dari ketiga FF itu yaitu ‘Behind The Darkness)

Daaaann…. Bagi yang belum kepilih, jangan berkecil hati, karena bukan berarti jawaban kalian salah, karena jawaban kalian sebenarnya betul hanya detail-nya aja belum tergambar jelas, dan kebanyakan gak menghubungkan Edge of Love di antara Broke Alley x Deadly Sins :’D Filosofi yang kalian buat juga bagus kok, detil dan memang menggambarkan apa yang aku ceritakan, hanya saja fokus kalian terlalu lebar, sedangkan filosofiku hanya terarah pada ‘kebahagiaan’ para karakter. Bagi yang jeli, sebnernya aku udah ngasih hint mengenai kebahagiaan ini di prompt awal yang ini loh:

Ini bukanlah kisah romansa yang manis dan penuh akan delusi keabadian. Sebaliknya, kisah ini diambil dari kenyataan pahit manusia dalam mencari suatu hal fiktif yang disebut sebagai kebahagiaan. Karena sesungguhnya… kebahagiaan sejati tidak akan pernah bisa kita pahami.

Bandung, 31 Oktober 2016

Okeedeh, pokoknya selamat buat pemenang dan terima kasih banyak bagi semua yang udah baca dan ikutan kuis di Ficlet Collection ini. Big Thanks buat kalian dan jangan lupa bahagia, ya! Sampai bertemu di FF berikutnyaaa 🙂

P.S: Untuk oneshoot pemenang, aku gak tau bakal publish kapan BTW kwkwkw tapi pasti aku publish hadiah ini kok jadi tunggu ae yaaa kwkwkw

tumblr_nz0mr7ka1x1uoud1io1_500

Advertisements

One thought on “[Pengumuman Kuis] Shot in The Dark + Behind Story

  1. Halo pak shafa 😂😂😂😂 yeah! I’m- just-here-now!! 😂😂😂😂 sebetulnya aku dah liat dr semalam link nya… kupikir ada ff baru atau apa… tp blm sempet kubuka karena semalem masih asik dengan monster (liatin muka tamvan om in guk) td pagi hangun pun sempet pengen buka lg… tp karena tiba2 dapet mandat buat kepasar kuabaikan lg… pulang pasar ternyata aku ketiduran dan baru bangun tidur sekarang…
    #ini berasa sesi curhat ya#

    Sebetulnya aku agak shock pak bisa menang 😂😂😂 tapi ku senang krn bisa tau kelanjutan romansanya antara siwon dan sunkyo.. btw sejujurnya itu folosofi aku udh dapet hint dr kamu pak… aku gatau lupa kapan… pas kita chat rame2 di grup kamu ada bilang sedikit soal hal ini.. dan begitu shot in the dark ini keluar aku langsung konek gitu pak 😂😂😂😂 makasih pak…. yeayy!!! Yeayy!!! Aku menang yeay!!! Makasih pak shafbuntuk backstory yg panjang ini 👏👏👏👏👏

Leave Your Comments Juseyo ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s